The Power of 4 Rakaat Duha .Janjinya Pasti,Gak Pake Lama..

image

“Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk KU, yaitu sembahyang empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu (Hadits Riwayat Imam Ahmad, Abu Ya’la).

Itulah kutipan hadist tentang janji Allah bila kita melakukan shalat duha 4 rakaat,ia akan menjamin mencukupi rezeki kita sepanjang hari.Hadist diatas sungguh benar dan itu terjadi pada saya.Ada sebuah pengalaman yang sangat ajaib dan tak terduga.Janji Allah pasti ditepati,yang perlu dicatet adalah gak pake lama.pasti,pasti,pasti..!!!

Berikut kisahnya..
Kisah ini terjadi sekitar bulan oktober tahun 2012.kondisi saya amat galau dan tertekan karena pekerjaan yang baru saya jalani.Bekerja sebagai sales associates di salah satu retail asing di Jakarta yang sedang naik daun dan punya puluhan cabang di Jakarta.Memang untuk masalah pendapatan terbilang wajar dan sesuai aturan pemerintah daerah,untuk sekelas saya yang hanya lulusan sekolah menengah atas,ya lumayan lah untuk menghidupi diri saya sendiri dan buat ngirim ke kampung.Permasalahannya,saya hanya baru beberapa minggu kerja disini.Namun hati saya agak kurang srek sama atasan yang suka ngomel dan untuk masalah sholat Jumat yang agak sulit.Padahal kebebasan beribadah adalah hak asasi manusia,harusnya pekerja terlindungi haknya.Tekanan batin ini terus bergejolak.Haruskah saya bertahan atau mencari pekerjaan lain???

Memang ini bukan pekerjaan pertama saya,tapi terhitung yang ke 5 kalinya saya pin dah pekerjaan sejak 2 tahun yang lalu saya lulus sma.Haduh..kok kayak kodok ya,loncat sana sini, ;).Memang tujuan dan niat saya,sewaktu lulus dari bangku sekolah ingin merasakan pengalaman di berbagai bidang pekerjaan,maunya melanjutkan ke perguruan tinggi tapi apa daya biaya tak mencukupi.Ayah saya hanya wiraswastawan kecil,bersyukur juga bisa mencicipi sekolah menengah atas.Dan inilah saatnya saya membalas budi mereka,walaupun jasa mereka takkan pernah terbalas .Saya tak mau lagi merepotkan mereka.Ya,Alhamdulillah..Allah suka ngasih jalan buat saya mencicipi berbagai pekerjaan.Seperti bekerja direstoran,minimarket dan industri.Mengherankan memang,kok bisa bisabisanya saya gampang dapat pekerjaan disaat mungkin orang lain susah mendapatkan pekerjaan.Itulah pertanyaan yang sering timbul dari keluarga saya.Saya hanya bisa menyimpulkan,bahwa asal ada niat karena Allah dan disertai doa serta ikhtiar,InsyaAllah ia kasih jalan.Rezekinya terhampar luas dibumi ini.

Saya memang gak betah dengan kondisi menganggur,tapi permasalahan yang satu ini sangat delematis.Haruskah saya bertahan,tapi batin saya sudah tak nyaman dengan pekerjaan ini.Setelah dipikir dengan matang,ok saya harus resign.Hmm..agak puyeng memang bila melihat kondisi keuangan yang menipis,tentu yang jadi pertanyaan adalah bagaimana saya bisa menyambung hidup di ibu kota yang katanya lebih kejam dari ibu tiri..heh e.Saya pun harus pintar mengelola rupiah untuk perbekalan selama menganggur.Resign dari perusahaan ini pun,saya tak bilang ke keluarga.Mungkin mereka akan terheran heran dengan tingkah konyol saya yang suka pindah pekerjaan bila mereka tahu kondisi sekarang.Satu minggu berselang,saya sudah mencoba melamar pekerjaan ke perusahaan yang ada lowongan.Namun apa yang saya mau belum cocok dengan hati .Yang saya cari sekarang adalah perusahaan yang memungkinkan buat saya bisa shalat Jumat,titik.Apa berkahnya pekerjaan bila saya melanggar aturan Allah.

2 minggu berselang ,saya tak menemukan pekerjaan yang cocok.Rupiah pun semakin menipis,ditambah kondisi rice cooker yang rusak dan alat buat masak air yang rusak pula secara beruntun.Benar-benar cobaan,padahal kehadiran mereka amat membantu untuk mengerem rupiah saya agar bisa berhemat.Kondisi saya begitu galau,sendirian di kost tanpa memberitahukan kondisi sebenarnya pada keluarga saya,karena ini yang saya mau..jangan sampe mereka tahu saya resign dan yang terpenting bulan ini saya harus dapat pekerjaan.Kondisi ini mungkin adalah titik terendah saya dalam mengarungi hidup,ya saya hanya makan seadanya.Sering sekali saya makan hanya dengan kerupuk dan air putih saja.Sebisa mungkin harus meminimalisir pengeluaran rupiah sedikitpun.Barang berharga yang saya miliki pun hanya handphone yang tak seberapa.Mengingat bekal yang sudah sangat menipis,dengan terpaksa saya jual hp kesayangan saya untuk bisa melanjutkan hidup dan beli hp second yang dijual dijalanan Jatinegara-Jakarta Timur. Ya,mengingat hp adalah alat yang sangat penting..siapa tahu ada perusahaan yang menghubungi saya untuk interview pekerjaan.
Saya mulai resah,kemana lagi saya harus mencari.Putus asa adalah sikap yang tercela dan dilarang olehnya,saya harus bangkit dan jangan cengeng.Saya harus bertanggungjawab atas keputusan ini.Disaat kondisi terendah ini,sungguh saya merasa kesepian dan terasing,putus asa dan tak ada lagi harapan.Mungkin inilah yang membuat hasil saya kurang berhasil.Saya tak menyandarkan masalah ini pada Allah.Padahal ia yang memberi rezeki,ia yang berkehendak.Ini adalah pengalaman hidup yang sangat berkesan,saya merasakan betul namanya kelaparan,namun disinilah titik balik spiritual hidupku.Disaat tak ada lagi harapan,jiwa spiritualitas pun dipertanyakan.Saya mulai menyadari rupanya disaat kondisi terendah ini,Allah itu merangkul kita agar lebih dekat dengannya.Ya saya mulai menyandarkan harapan padanya.Hanya padanya..

Saya pun mulai bersemangat kembali untuk mencari pekerjaan,pasti ada jalan.Saya mulai mencari info lowongan di internet,dan akhirnya saya mendapatkan lowongan yang kebetulan dekat dengan alamat kost saya.Semua berkas pun sudah saya siapkan.Tidak lupa saya mulai melibatkan Allah dalam hal ini.Teringat sekali akan sebuah hadist tentang keutamaan Shalat duha,pagi itu saya mulai mengusap air wudhu ke wajah saya.Sungguh tenang sekali,adem dan tentram.Saya mulai dengan shalat duha 4 rakaat.Dengan penuh keyakinan,Saya bermunajat padanya agar ia melancarkan usaha ini.Ya,karena ia yang berjanji pasti ia akan tepati dan tak mungkin ia ingkar.Apalagi Setelah saya membaca bukunya mas Ippho Santosa,yang berjudul Percepatan rezeki ada sebuah bab yang mengupas habis tentang keyakinan.ya,kita harus mempunyai prisma keyakinan yang sempurna pada Allah.Keyakinan yang komplit,kadang kala kita hanya meyakini keberadaan Allah,Allah itu ada namun apakah kita yakin akan janjinya Allah yang tertuang dalam hadist dan Ayatsuci.Seperti sedekah dan shalat duha,ia berjanji bahwa ia akan melipatgandakan dan mengganti harta yang kita pinjamkan padanya.Shalat duha pun adalah sarana menjemput rezeki.Berkat buku tsb,keyakinan saya dilipatgandakan. Astagfirullah,selama ini saya sombong..padahal kerja keras pun harus diiringi doa yang keras pula disertai amalan lainnya.Ya,Singkatnya Allah dah ngasih kunci,mau rezeki mengalir ya Duha dan  Sedekah.Tinggal kitanya yang mau melaksanakan atau gak,yakin atau gak.Ya,disinilah keimanan kita dipertanyakan.Memang ini bukan shalat duha pertama saya,tapi ini adalah shalat duha pertama saya yang memakai doa setelah shalat duha.Isinya begitu megah dan komplit,maknanya mengundang rezeki dari berbagai arah.Kurang lebih seperti ini,Ya Allah jika rezekiku masih dilangit turunkanlah,,Jika masih dibumi keluarkanlah,Jika jauh dekatkanlah,Jika haram sucikanlah,dan Jika sukar mudahkanlah.Shalat duha yang paling berkesan,saya melafalkan doa tersebut dengan bahasa Indonesia,karena saya tak hafal dengan bahasa arabnya.Saya yakin Allah pun pasti mengerti dan mendengar doa walaupun tak memakai bahasa Arab.saya serahkan hajat saya pada pemilik hajat,saya pasrahkan padanya dengan penuh keyakinan. Saya pun yakin Allah pasti mendengar doa ini.Seyakinyakinnya..

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahawasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Surah al-Baqarah, 2: 186)

Gak pake Lama,Allah menjawab doaku..

Speechlees,..!!!!
Subhanallah,it’s miracle.Ini toh yang namanya keajaiban.Sebuah peristiwa yang tak terduga yang menggetarkan.Allah menjawab doaku secepat ini,,!!! Pagi hari berdoa,sebelum matahari tepat diatas kepala,tepatnya sebelum adzan Zuhur berkumandang ia menepati janjinya.

Pagi itu setelah shalat duha jam 9 pagi,dengan semangat dan penuh keyakinan saya pergi menuju tempat kerja yang sedang ada lowongan.Kebetulan tempatnya tak begitu jauh,cuma naik angkot sekali dari tempat kost saya.15 menit kemudian saya sudah sampai ditempat tujuan.Basa basi saya tanyakan pada security yang sedang bertugas untuk memastikam apakah ada lowongan pekerjaan seperti yang saya baca di internet,dan ternyata benar.Saya pun dipersilahkan masuk dan menyerahkan berkas lamaran ke resepsionis.Mba cantik resepsionis itu pun menerima berkas lamaran pekerjaan saya,dan menyuruh saya pulang.Persoalan dipanggil untuk interview kerja atau tidak,saya tawakkal saja.Yang penting saya sudah mengirim berkas lamaran saya.

Nah keajaiban pun dimulai disini,ketika saya mau pulang ke rumah,di tengah keramaian jalanan ibu kota tiba tiba hp saya berdering.

Halo,Selamat pagi..dengan Dede saripudin ??

Iya..betul bu.

Kami dari pt,xxx di Bekasi,bersediakah besok untuk tes kerja.alamatnya ini.. blablabla..

ya,siap bu.

Jleb,Kaki pun terasa lemas.Jantung berdetak lebih cepat dari biasanya dan air mata pun mengalir deras.Bulu kuduk pun tiba tiba berdiri,saya amat merindinG.Saya merasakan betul ada kuasa dan kehadiran Allah begitu dekat.Ya,Allah..engkau itu ada,engkau itu dekat,engkau menepati janjimu secepat ini.Sungguh,ini pengalaman spiritual yang paling berkesan.Disaat titik terendah ini,ia hadir menjawab rintihanku.Ia menjawabnya bukan dengan perusahaan yang baru saya datangi,namun dengan perusahaan yang sudah saya kirim berkas 6 bulan yang lalu.Sungguh takdisangka-sangka,disaat tak ada lagi harapan,disaat kondisi kepepet seperti ini dan disaat saya begitu pasrah dan yakin akan janjinya.Ia menjawabnya..apakah ini namanya kebetulan belaka??? Sungguh ini bukanlah sebuah kebetulan.Daun yang gugur pun atas kehendaknya,apalagi ini menyangkut rezeki manusia.Sungguh ini adalah rencananya yang begitu indah dan mengejutkan,ia adalah sesuai prasangka hambanya.Ketika kita yakin akan janjinya,ia pun pasti menepatinya.

Memang tak diduga sebelumnya,karena sudah sekitar 6 bulan yang lalu saya mengirim surat lamaran ke perusahaan  yang ada di Bekasi.Jujur ,saya tak hapal nama perusahaan tsb,karena jauh sebelumnya saya telah mengirimkan belasan berkas ke berbagai perusahaan di kawasan industri Bekasi.Saya hanya menggangguk siap,ketika ditelp.Namun ini kuasa Allah,disaat hamba membutuhkan pekerjaan secepatnya,ia langsung memberi kejutan.Jangan sampai hilang kesempatan,besok harus kesana.Ia ada,ia mendengar.Gap pake lama,Keyakinan saya sholat duha 4 rakaat membuahkan hasil sebelum matahari berada diatas kepala.SubhanAllah,kejadian ini benar benar paling emosional.Memang melamar pekerjaan adalah hal yang biasa bagi saya,namun ini sangat istimewa.Karena disaat kondisi terendah ini,Allah menjawab doaku.Disaat tidak ada lagi harapan,diambang putus asa,ia hadir.ya..ia itu ada,ia melihat dan ia mendengar.Pengalaman spiritual yang menjadi titik balik perjalanan hidupku,sekarang saya yakin hanya berserah diri padanyalah hidup menjadi mudah.Ya,ternyata dibalik cobaan pasti ada hikmah yang luarbiasa yang mengiringinya.
Saya pun langsung telp ibu saya sambil menangis meminta doa.Jujur saya tak beritahu bahwa saya mau test masuk perusahaan.Ibu saya pasti terheran-heran baru kali ini saya menangis sambil telpon.

Besok paginya..
Alhamdulillah,nyampe juga di kawasan industri terbesar di Bekasi.Hari ini jam 9 akan diadakan tes dari perusahaan yang memanggilku kemarin.
Saya: Misi,pak..ada jadwal tes ya jam 9?
Pa satpam : Gak ada de,maaf mungkin salah alamat..
Saya : Tapi pak,kemarin benar saya dapat panggilan dari perusahaan ini..
Pa satpam : Coba saya liat nomor telpnya..
Saya: ini pak..*sambil nyodorin hp butut sa ya*
Pa satpam : tu kan..ade salah alamat,ini bukan nomor telp kami.. Saya : Masa sih,????

Haduh,ni orang nipu kali ya.Ini kan benar alamatnya.Mungkin saya ditipu,gak apalah.Saya juga heran kenapa lho saya sendirian yang nunggu di pos security ini,biasanya yang tes masuk pasti banyak pelamarnya.Halah..bodoh bgt sih de.

08.45 WIB
Wah..gak ada harapan kayaknya.Emang di liiatliat gak ada orang lagi yang masuk ke sana.Ah..apa salahnya saya coba telp kembali nomor yang kemarin.

Saya: Misi bu,katanya hari ini ada tes masuk atas nama Dede Saripudin???ni kan alamatnya??,

Bu HRD : Iya betul..Tapi maksud saya bukan itu perusahaan kami,perusahaannya tepat berada didepan perusahaan yang kamu bilang tadi.Ayo cepetan,bentar lagi tes mo dimulai..

Saya : Oh,ya siap bu.Makasih..

Oalah..ternyata saya salah masuk.Malunya diriku.Memang dari kemarin yang terdengar di telp adalah perusahaan yang saya salah masuk,maklum waktu itu saya berada di trotoar jalanan dengan ramai kendaraan.Haduhh..konyol sekali.Akhirnya nyampe sampai tujuan,tes nya pun dimulai.Jujur saya merasa gak pernah ngirim berkas lamaran ke alamat ini,setelah saya tanya ke security bahwa perusahaan ini baru aja ganti nama,yang dulu itu sudah bangkrut .Oh,pantesan saya agak bingung.Sekarang lagi banyak ngebutuhin karyawan baru.Soal tes pun dibagikan,waktu itu yang hadir sekitar 20 orang.Saya pun langsung mengerjakan soal tsb,Alhamdulillah saya tak asing lagi berhadapan dengan soal soal ini,secara saya sering pindah pekerjaan.Saya begitu optimis pasti berhasil dalam tahap ini.

Seminggu kemudian,saya dipanggil lagi ke sana buat interview dan Alhamdulillah setelah melalui berbagai tahap saya diterima bekerja disini sampai sekarang.Hasilnya yang sesuai saya harapkan,beribadah shalat Jumat pun bisa saya laksanakan.Soal pendapatan malah melebihi perusahaan yang sudah saya resign.Memang rencana Allah itu indah,rezekinya tak terduga muncul diberbagai arah.Pelajaran penting yang kudapat adalah jika kita niat karena untuk mengharapkan ridhanya,pasti disitu ada jalan keluar.Allah gak pernah menelantarkan hambanya.Janji Allah selalu ditepati,Gak pake lama.
Shalat duha memang powerful..Mulai dari situ,saya sangat percaya akan janjinya.Lewat Shalat Duha,rezeki kita pasti dimudahkan oleh Allah.Memang bukan hanya karena shalat duha yang saya lakukan,semuanya menjadi mudah.Namun ini semua karena ridhanya Allah semata,bentuk kasih sayang nya pada hambanya. Coba perhatikan doa shalat Duha berikut ini,sangat powerful…

“Wahai ALLAH, jikalau rejekiku masih diatas langit, maka turunkanlah Dan jikalau ada didalam bumi maka keluarkanlah dan jikalau sukar maka mudahkanlah dan jika haram maka sucikanlah dan jikalau masih jauh maka dekatkanlah”

Itulah sepenggal doa shalat duha,isinya begitu megah dan komplit.Mengundang rezeki dari segala penjuru arah.Allah pun malah sering bersumpah demi waktu pagi dalam kitab suci,ya di pagi hari pasti ada keutamaannya apalagi jika kita menggunakannya sebelum memulai aktifitas dengan shalat Duha.Janji Allah pasti di tepati ,gak pake lama.Mulai dari situ,saya berkomitmen untuk merotinkan Duha sebagai habits dalam kehidupan sehari-hari,minimal 4 Rakaat.InsyaAllah..

3 thoughts on “The Power of 4 Rakaat Duha .Janjinya Pasti,Gak Pake Lama..

  1. knp gw sdh beberapa thn tahajud, dhuha, puasa, sedekah, dzikir tp nasib gk berubah. gw tetap nganggur dan jomblo. gw kalau nyari jodoh dan rejeki dijahati orang terus.

  2. maklum.. gw org cuma bodoh dan lemah, shg gw mengalami nasib sial spt ini. org lain meski rajin maksiat, tetap mudah dpt jodoh dan rejeki. krn mrk org normal. bukan org dungu dan letoy spt gw.

Leave a comment