Menapaki Sejarah Kebengisan PKI dan Ketemu Penulis Favorit di IBF 2013

Kebetulan ada temen gue yang lagi nginep di myapartemen dan kebetulan juga hari Selasa libur bertepatan dengan tahun baru Islam 1453 H.So gue dan mysohib mau rencana ngebolang seharian.

Kenalin nih.
#Angga
Ni sohib gue penganut narsisme ortodoks,militan bgt kalo didepan kamera.11/12 lah ma gue dan masbro #Dedi sang paparazi yang senantiasa mengabadikan moment berharga.Senin malemnya kita rencanain mo pergi kemana buat besok.Sebenernya gue udah ada rencana besok mo pergi ke Indonesia Book Fair 2013 di Senayan.Secara gue udah tahu jadwal acara besok di sana,yang gue tunggu adalah ada talkshow dan bedah buku bareng penulis favorit gue.!!  dari jam 13.00 ampe jam 5 sore.Mereka adalah Ust.Felix Siauw ,Abu Marlo dan Muhammad Assad.Secara gue udah baca buku mereka dan ngefans bgt.Permasalahannya adalah karena acara talkshow dimulai jam 13.00,kita bingung mo kemana pagiharinya.Mulailah kita browsing dan meeting buat mengunjungi salah satu tempat wisata di Jakarta yang pastinya murah meriah.Ada beberapa opsi yang masuk seperti Taman Prasasti,Taman Menteng,Gedung Arsip Nasional dan Monumen Pancasila Sakti.Dan hingga larut malam,kita belum sepakat mo pergi kemana karena dihabiskan dengan keceblengan tingkah polah sohib gue yang alayers gila.Sampai akhirnya di pagi buta kita nentuin mo ke tempat dimana 7 pahlawan Revolusi dibuang dan dibunuh ma PKI dengan sadisnya.Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya -Jaktim.

*Monumen Pancasila Sakti *

Sekitar jam 7 pagian kita bergegas dari apartemen menuju Lampu Merah Cibitung.Rute yang kita naiki adalah bis mayasari jurusan UKI terus naik busway dari halte cawang UKI jurusan Pinang Ranti.Pas tiba di halte terakhir,Pinang Ranti kita naik angkot sekali menuju lokasi.Gak jauh lah 10 menitan juga nyampe.Nyampe disana jam 9 kurang dan tiket masuk sudah dibuka.Harganya murah bgt,cuman 2500 IDR.

image

image

Pas masuk kita disambut dengan suasana yang adem cez banyak pepohonan di sisi jalan.Kita melihat gedung cerah berwarna orange.Dan itu adalah Museum Pengkhianatan PKI.Disana kita disuguhi 30 an lebih diorama plus foto yang menceritakan tentang perkembangan Partai Komunis di Indonesia terutama di Madiun  sampai terbunuhnya pimpinan PKI itu sendiri,Musso ,Dn Aidit dll.Lanjut ke Gedung sebelahnya Museum Paseban.Disana juga ada diorama yang menceritakan tentang peristiwa terbunuhnya  7 jenderal dan kronologisnya .Yang gue paling diinget adalah diorama yang menceritakan terbunuhnya ade irma suryani,anaknya AH.Nasution.Disana juga terpampang foto2 para jenderal dan keluarganya.Turun ke lantai bawah ada ruangan yang menampilkan foto dan baju terakhir para jenderal yg masih berlumuran darah,ada juga baju terakhir dan tulisan ade irma suryani serta alat bantu yang mengangkat jenazah para jenderal dari sumur maut.Deket sana ada juga teater yang menampilkan film dokumenter tentang peristiwa g30 spki ,sayang bgt ruangannya belum dibuka.So kita lanjut ke Lokasi Sumur yang dijadikan tempat pembuangan jenazah para jenderal yang diberi gelar Pahlawan Revolusi:
Jend. Anumerta Ahmad Yani – Mayjen. Anumerta Donald Ifak Panjaitan- Letjen. Anumerta M.T. Haryono-Kapten CZI Anumerta Pierre Andreas Tendean – Letjen Anumerta Siswandono Parman – Letjen.Anumerta Suprapto – Mayjen. Anumerta Sutoyo Siswomiharjo
.Sumurnya berdiameter 75 cm dengan kedalaman 12 m.Deket sana juga ada rumah penyiksaan,pos komando dan Monumen Pahlawan Revolusi yang sering kita liat di buku pelajaran.Dan ini jadi lokasi favorit pelancong buat bernarsisasi.Lokasi area ini rapi dan indah cez didepan nya ada lapangan hijau dan pepohonan rindang.Kami pun melanjutkan ngebolang ke acara Selanjutnya yaitu Indonesia Book Fair di Senayan.Cez acaranya dimulainya jam 13 siang..jam 11 kami pun pulang dari lokasi yang menjadi saksi kelam bengisnya pengkhianatan komunisme di negeri kita ini.

image

image

*Indonesia Book Fair 2013*

image

Dari Lubang Buaya,kita naik angkot menuju Halte busway Pinang Ranti.Disana kita transit ke halte busway dengan jembatan busway terpanjang se Jakarta yaitu halte Semanggi.Disana kita ambil jurusan blok M dan turun di halte Polda MetroJaya untuk ke lokasi Indonesia Book Fair 2013 di Istora Senayan.Dan Alhamdulillah jam satu kurang 15 menit,kita sudah nyampe di lokasi.Bergegas kita menuju Mushola untuk sholat zuhur dulu.

Dan sesuai jadwal yang gue tahu jam 13 ada talkshow dan bedah buku How To master your habits bareng Ust.Felix Siauw Dan pas gue menuju panggung utama dimana tempat talkshow berada,disana lokasi duduk udah pada penuh dengan audiens.Gak heran sih..ust yang satu ini emang punya follower yg banyak.Gue gak bakalan nulis tentang isi dari bedah buku ini cez w udah baca ni buku dan tahu isi materi talkshow sebelumnya di youtube dan ternyata gak jauh beda.But ada yg poin yg nendang bgt diingetan gue..beliau bilang gelar kesarjanaan seseorang diragukan jika belum membaca minimal 50 buku di bidang yg diminatinya.Dan sesi akhir yang gue tunggu akhirnya tiba,yee akhirnya dapet tanda tangan juga dari ust felix di buku How To Master Your habits selain buku Udah Putusin Aja yg juga pernah gue ikutin acara bedah bukunya di Blok M bersama Masbro Dhe Dhy dan kakak gue.

image

Setelah ust.Felix siauw ,ada lagi talkshow bersama Abu Marlo.Semua pasti tahu,dia adalah runner up The Master season 1 tapi banyak orang gak tahu dia juga baru menulis sebuah buku yg berjudul Hukum Langit.Dan jauh sebelumnya gue udah baca nie buku dan akhirnya gue dapet tandatangan langsung sekaligus foto bareng ma dia.Gak nyangka bgt.Dan poin yg paling gue inget adalah kita harus peduli ma orang lain dan jangan sampe di usia senja kita menyesal akan kondisi finansial kita.Makanya diusia muda harus segera berwirausaha..*nendangbgt*.Dan yg gue salut ternyata dia punya komunitas #berbaginasi yang punya agenda memberi nasi kepada orang yang membutuhkan.Salut bgtt dah.

image

Dan yang paling gue tunggu bgt di sesi akhir adalah talkshow bareng Muhammad Assad.Dia adalah penulis Notes from Qatar dan gue udah baca bukunya di blog pribadinya.hehe..gretongan.Di sesi ini doi mo ngebedah buku terbarunya 99 Hijab Stories,ya walaupun bukunya tentang hijab di sesi talkshow ini audiens bebas bertanya tentang dia.Dan yg paling nyenengin gue jadi audiens yg beruntung cez bisa nanya langsung ma dia.Pertanyaan nya sih basa basi,he..Bang kapan ada rencana buku Notes From Qatar diterjemahkan dalam bahasa Arab secara dalam buku ini dikasih testimoni sama first ladies Qatar alias Ratu Qatar.So bukan hal yang sulit mungkin jika buku ini bisa terbit disana?.Dia ngejawab Bahasa inggris aja belum ada rencana apa lagi bahasa Arab kalo mas bisa translate boleh kontak saya.Hehe.Doain aja ya katanya.

image

Oh iya gak bgt kalo di event book fair sebesar ini gak beli buku.So gue beli 3 buah buku pas hari Minggu sebelumnya dan Masbro Dedi juga beli buku 4 buku .Seneng bgt dech..akhirnya dapet tanda tangan langsung n bisa dapet ilmu yang buanyakk.So ngebolang ini gue bangeuddd…!!
Ada cara menjelajah ruang dan waktu yaitu Membaca dan Mengunjungi Museum.

*Oh iya pas gue ngoprek hasil bernarsisasi,ngakak maksimal dan puas bgt deh liat Angga Penyok kegantengannya  luntur caludih bgtt deh.:P

Leave a Reply

