Maher Zain,More Than Just A Singer

image

Assalamualikum wr,wb.

Masbro,Mba sist dari Sabang sampai Merauke,Dari Miangas sampai pulau Rote..!!

Bismillahirrahmanirrahim

Awal kenal dengan masbro kelahiran Tripoli, Libanon dan kewarganegaraan Swedia ini sekitar pertengahan tahun 2011,ya sekitar satu setengah tahun setelah Maher Zain meluncurkan album pertamanya akhir 2009.Itu pun secara tidak sengaja ketika saya membuka sebuah portal berita di internet tentang sebuah penyanyi guanteng berwajah bule yang  duet dengan Fadly Padi di Malaysia,lagunya adalah InsyaAllah.Well,karena penasaran ma penyanyi yang lahir 16 Juli 32 tahun yang lalu ini,saya langsung meluncur ke situs sharing video terpopuler sejagad.Ketik “Insya Allah Maher Zain” dalam kotak pencarian dan muncullah deretan video klipnya.Mainkan..cekidot..!!,Jleb,Hening,Tentrem itulah yang saya alami ketika mendengar alunan suara dan syairnya yang begitu indah.Lagu ini mengandung motivasi dosis tinggi,isinya kepasrahan total pada sang pencipta,tawakkal.Ya saya jatuh cinta pada pendengaran pertama,setelah lagu InsyaAllah saya putar berulang ulang dan saya pun sangat menikmatinya.Akhirnya saya pun memburu lagu Maher Zain yang lainnya,dan semuanya bagus sekali,syairnya tak ada yang nyeleneh dan mengandung syiar Islam.Yap..ia berdakwah melalui lagu.#MaherZainMoreThanJustaSInger

Sekian perkenalan singkat saya dengan masbro.Kali ini saya mau sedikit ngerangkum lagu lagu Masbro yang ada dalam kedua albumnya ,Thank You Allah(2009) dan Forgive Me(2011).Jumlah judul lagu yang ada di kedua album tersebut berjumlah 27 lagu diluar lagu yang diterjemahkan ke berbagai bahasa.Semua lagu masbro sangat bermakna dan mempunyai nilai pesan yang terkandung dalam liriknya.Ini sesuai dengan ucapan Masbro yang selalu bilang dalam kesempatan wawancaranya,yang saya tonton di Islamic Channel,Inggris dan Program Bicara,Suria Singapura.Beliau bilang Music is International Language,if u want speak to the world,make a song..

Inilah kategori yang bisa mewakili semua karya masbro:

A.Tentang Allah
1.InsyaAllah
2.Thank You Allah
3.Subhanallah feat Mesut Kurtis
4. Allahi Allah Kiya Karo feat Irfan Makki
5.Always be there
6.Open Your eyes
7.Awaken
8.I love you so
9.Guide me all the way
10.Forgive Me
11.Raditubillahi rabba*

Dari deretan lagu tsb ada satu judul yang menurut saya isinya padat,lengkap dan bernutrisi tinggi.Tiap bait liriknya mengajak kita untuk bertafakur mengingat sang pencipta dan semesta.Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia ,seperti ini lah sebagian liriknya.Judul lagunya adalah OPEN YOUR EYES..,benar benar sebuah lagu yang sangat indah.Maher Zain lebih dari sekedar seorang penyanyi,ia adalah ustadz stage menyeru pendengar untuk lebih dekat pada sang pencipta.#MaherZainMoreThanJustaSinger

Lihatlah di sekitarmu
Tidakkah kau lihat keajaiban ini
Yang terpampang di hadapanmu
Awan berarak
Langit cerah dan biru
Planet di orbitnya
Rembulan dan mentari
Harmoni yang sungguh sempurna

Lihatlah di dalam dirimu
Susunan yang begitu sempurna
Tersembunyi dalam dirimu
Mengalir di pembuluh darahmu
Bagaimana dengan rasa marah, cinta, dan sakit
Dan segala yang kau rasakan
Bisakah kau sentuh semua itu dengan
tanganmu?
Jadi apakah semua itu benar-benar ada?

Saat seorang bayi lahir
Begitu lemah dan tak berdaya
Dan kau melihatnya tumbuh
Lalu kenapa menyangkal
Yang ada di depan mata
Keajaiban terbesar dari kehidupan

Mulailah bertanya pada diri sendiri
Tidakkah bukti ini cukup bagi kita
Ataukah kita begitu buta
Hingga mengabaikan semuanya
Kita hanya perlu
Buka MATAMU, HATIMU, dan PIKIRANMU
Jika kita melihat dengan jelas, kan kita lihat pertanda
Kita tak bisa terus sembunyi dari kebenaran

B.Tentang Nabi Muhammad SAW
1.The Chosen One
2.Muhammad
3.Mawlaya
4.Assalamualaika
5.Raditubillahi rabba*
6.Ya nabi salamalayka

Dari deretan lagu diatas yang membuat saya terkesan dan terkesima adalah lagu The Chosen One.Diawali dengan nada piano yang indah,liriknya pun tak kalah indahnya.Isinya mengenai kecintaan pada Rasulullah.Ada satu bait lirik yang selalu membuat saya merinding.Isinya seperti sebuah ikrar suci,ah mungkinkah saya pantas melihat senyumannya.Maher Zain lebih dari sekedar seorang penyanyi,ia adalah juru dakwah menyeru pendengar lebih dekat dengan utusan sang pencipta,Muhammad SAW #MaherZainMoreThanJustaSinger

I will try to follow your way
And do my best to live my life
As you taught me
I pray to be close to you
On that day and see you smile
When you see me
Sallu ‘ala Rasulillah, Habibil Mustafa
Peace be upon The Messenger
The Chosen One

Kan kucoba tuk ikuti jalanmu
Dan berusaha jalani hidupku sebaik-baiknya
Seperti ajaranmu
Aku berdoa agar bisa dekat denganmu
Di hari nanti dan melihat senyummu
Saat kau melihatku
Sallu ‘ala Rasulillah, Habibil Mustafa
Kesejahteraan semoa selalu tercurah atas Nabi
Sang Manusia Pilihan

C.Cinta
1.Barakallah
2.Paradise
3.For the reast of mylife/Sepanjang Hidup
4.MasyaAllah
5.Mylittle girl
6.So Soon
7.Number one For Me

Dari deretan lagu diatas ,yang paling mengesankan dan sangat romantis adalah Paradise.Instrumen lagunya sangat memdamaikan sekali.;),Isinya tentang cinta sejati dengan pasangan yang kita cintai yang berakhir sampai di surga.Tahajud bareng ,Ah..so sweet bgt ni lirik lagunya..cocok buat melamar sang kekasih.hehe.Maher Zain lebih dari sekedar seorang penyanyi,ia bukan penyanyi biasa yang mendewakan cinta yang haram,ia pujangga cinta yang halal..Cinta pada Ibu,Cinta pada Pasangan/Istri,Cinta pada Anak Kita#MaherZainMoreThanJustaSinger

I remember when I first met you
I felt that God answered my call
There was that one place I always thought about
And I just wanted to be there with you
The place that no eye has ever seen
The place that no heart has ever perceived
I had a great feeling inside of me
That one day I’ll be there with you

I remember us praying at night
And just dreaming about this together
I’m so blessed to have you in my life
And now we can enjoy these blessings forever
Paradise is where we are now
Paradise, a dream come true
Paradise, O what a feeling!
Paradise , thank You Allah!

D.Perdamaian/Kemanusiaan
1.Hold Myhand
2.One Big Family
3.Freedom
4.Palestine will be free

Nah dari deretan lagu diatas yang berkesan adalah lagu One Big Family,ni lagu bahasa inggris tercepat yang bisa saya hafal dengan mudah,hehe..😉.
Isinya mengenai perdamaian ,kita semua di bumi adalah saudara.Dan ini satu satunya lagu masbro yang diiringi paduan suara yang membuat lagu ini semakin wah.Selain One Big Family,Maher sangat peduli dengan situasi terkini umat Muslim.Seperti Lagu Freedom yang didekasikan ketika Revolusi Arab Spring berlangsung,Lagu Palestine Will Be Free dan Love Will Prevail (Free Syria) untuk tanah Syam yg sedang bergejolak.Dan Pada kedua klip video ini Maher menampilkan sosok anak kecil perempuan yang memang membuat lagu ini semakin menggambarkan bahwa korban dari peperangan yang paling menderita adalah anak kecil yang tak berdosa,mereka kehilangan masa kecil yang seharusnya bahagia. Semoga tanah Syam yang diberkati mendapat perlindungan Allah SWT.Maher Zain lebih dari sekedar seorang penyanyi,ia adalah duta perdamaian untuk dunia.Ia menyerukan persatuan dan perdamaian dalam syairnya.#MaherZainMoreThanJustaSingee

I wonder why you and me fight each
other
Don’t you see the similarities between
us?
Take a minute and see yourself in the
mirror
You look like me: those eyes, lips – you
can’t deny..
Have you thought about
Why we look the same?
Why we feel the same?
Don’t tell me it’s by chance..
*langsungngaca*#SubhanAllah..sesuatu.hehe
Ya senandung masbro begitu lengkap,semuanya bermakna positif isinya pun tentang syiar Islam mengajak pendengar muhasabah diri pada sang pencipta dan mengenal Rasulullah,ditambah ada juga lagu yang bersifat kemanusiaan dan universal.
Menurut saya Maher Zain adalah seorang musisi sejati,yang bukan hanya menyanyi tanpa makna seperti kebanyakan musik sekarang yang mengumbar hawa nafsu dan cinta yang salah.Ia adalah 500 Muslim Paling Berpengaruh di dunia pada
tahun 2011 oleh The Royal Islamic Strategic
Studied Centre di Amman,Jordan. Ini bisa diliat dari jumlah fans fb nya yang sampai sekarang berjumlah 7 juta orang lebih dalam kurun waktu 3  tahun kurang.Penggemarnya bukan saja dari kalangan umat islam sendiri namun banyak pula dari non muslim.Dengan lagu berbahasa Inggris yang fasih,musiknya yang catchy dan modern serta selalu membuat versi lagunya ke bahasa berbagai negara seperti Bahasa Indonesia,Francis,Arab dan Turkey membuat penggemarnya terasa semakin dekat.Masbro tau sekali cara memanjakan penggemarnya.Pengakuan ini memang betul adanya,saya terkesima dengan lafal masbro mengucapkan lirik Sepanjang Hidup,Ku Milikmu dan Tuntunku Kepadamu dengan sangat fasih.Seperti penutur asli bahasa Indonesia..

image

*Pertemuan Pertama dengan Maher Zain*
Siapa sih yang gak mau ketemu dengan idolanya??Biasanya cuman mantengin status,twitt dan videonya,dan pada akhirnya Alhamdulillah Allah mempertemukan ku dengan Maher Zain.

Waktu itu seperti biasa saya cek fb nya Maher Zain Indonesia Fans Club,dan postingan nya waktu itu membuat saya senang gak ketulungan.Diinfokan bahwa ada acara meet n great yang terbatas untuk 500 orang saja dengan Maher Zain untuk peluncuran album keduanya yang bertajuk “Forgive Me” di Lapiazza,Kelapa Gading-Jakarta.Saya pun tak menyinyiakannya,besok nya saya langsung pergi ke Kelapa Gading dengan angkutan umum dari Bekasi,untuk tempat nya jujur saya belum pernah kesana.Tapi dengan tanya ke mbah Google tentang rute dan nomor angkot nya,saya pun tiba di lokasi dan tiket pun sudah ada di genggaman.Waktu itu saya kopdar bersama fans Maher Zain.Alhamdulillah..,kira kira  satu tahun saya mengenal Maher Zain lewat lagunya tahun 2011 dan akhirnya tgl 3 April 2012 saya berjumpa langsung dengan masbro.Ini adalah peluncuran album kedua Maher Zain yang dilaunching pertama kalinya di Indonesia sebelum diedarkan ke seluruh dunia.Wah..spesial bgt.Sekitar jam dua siang semua fans sudah mendapatkan CD Maher Zain yang terbaru dan posternya.Katanya jam tiga an Maher akan menyapa fans nya dan melakukan sesi tanda tangan dan foto bareng.Akhirnya…,SubhanAllah,Alhamdulillah Maher Zain dengan topi khasnya hadir didepan semua fans.Ya Allah detak jantung ini berdetak gak karuan,rasanya campur aduk sekali persendian tubuh ini luluh lantah melihat sang idola hadir di depan mata.*momentterlebayy*.Akhirnya saya bisa bersalaman langsung sama Maher dan foto bareng.Walaupun kelihatan dari matanya,Ia pasti kelelahan tapi tetap ramah menyambut para fansnya.Ini moment termahal dalam hidup saya,tak kan terlupakan sepanjang hidup seiring waktu aku bersyukur atas hadirmu kini dan slamanyaaaa.hehe sory kok jadi ngelantur gini ya dan sekitar jam lima sore  Maher pun menyanyi di atas panggung,walaupun diguyur hujan penonton tetap bertahan.Acara ini pun disiarkan langsung oleh SCTV yang juga menayangkan acara serial tv InsyaAllah pada bulan Ramadhan 2012 yang juga dibintangi Maher Zain langsung.Wah,akhirnya impian saya terwujud.Semua hanya karena Allah,mencintai dan mengagumi seseorang hanya karena Allah,InsyaAllah ia akan mudah mempertemukannya.

Ini kesan dan pesan dari saya selama bergabung menjadi anggota keluarga Maher Zain Indonesia Fans Club..

1.Yang tak terlupakan adalah ketika saya harus melepaskan nama kebesaran Maher Zainers di bekakang nama asli saya pada akun FB saya.hehe..Why?? Beginilah ceritanya.Masih teringat waktu itu akhir bulan Agustus 2012.Saya harus menelan kekecewaan cenderung sakit hati ,hehe..ketika Maher Zain dalam statusnya mengucapkan selamat hari kemerdekaan buat negeri jiran dalam bahasa Melayu.Memang terlihat tidak ada yang salah,namun bagi saya dengan perbedaan hanya 2 minggu dengan kemerdekaan negara kita,Mengapa Maher tidak mengucapkan hal yang sama kepada negara kita terlebih dahulu??,hehe.Mungkin karena kita yang terlalu nasionalis apa iri kepada ucapan selamat dari Maher,yang mungkin Maher tidak bermaksud demikian.Memang pada hari itu saya pantengin status tsb dan sampai besok harinya mendapat koment dan respon yang beragam.Fans dari Indonesia ujung ujung nya saling mencaci maki dengan fans Negara tetangga tsb.Hehe.. hore perang dumay.Disini lah ada pelajaran penting yang saya ambil,mungkin saya terlalu fanatik sama masbro, berlebihan dan akhirnya menelan kekecewaan.Berlebihan memang tidak baik.Saya pun sadar akan hal itu,dengan lapang hati saya copot embel embel nama maherzainers di belakang nama saya tanpa mengurangi kekaguman saya pada Maher Zain.Saya sadar ia hanya manusia biasa,saya yakin ia tak bermaksud membuat kericuhan antara fans dua negara serumpun ini.Pelajaran pentingnya lagi adalah daripada berdebat dan saling mencaci maki lebih baik diam saja.Esensi dari lagu Hold MyHand dan One Big Family pada waktu itu belum saya amalkan.Toh negeri jiran pun mayoritas beraqidah sama dengan negara kita.Jangan sampai nasionalisme mengalahkan rasa ukhuwah islamiyah.

2.Memahami esensi pesan dari lagu Maher Zain .Syair lagunya begitu penuh makna dan jangan sampai syair Maher Zain melalaikan kita untuk beribadah pada Allah.Hakikat isi syair Maher Zain justru untuk membuat kita lebih dekat dengan sang pencipta dan utusannya.

Mungkin setiap hari kita mendengarkan dan menyanyikan syair Maher Zain tapi mengabaikan mendengarkan AlQuran dan membacanya#Bukan itu Yang Maher Zain maksud

Mungkin setiap hari kita sering menyanyikan syair Maher Zain dari pada memperbanyak zikir dan shalawat??#Bukan itu yang Maher Zain maksud

Mungkin kita lebih tahu tentang Maher Zain tapi membaca biografi Nabi Muhammad SAW saja tak pernah??#Bukan itu yang Maher Zain maksud

Intinya yang namanya berlebihan dan fanatisme sempit itu tidak baik,sebagai penggemar Maher Zain tugas kita adalah mengambil sisi keteladanan beliau seperti selalu menjaga wudhu,menjaga jarak dari bukan muhrimnya dan tentu mensyiarkan agama mulia ini ke semua orang dengan cara kita.Maher Zain bersyiar lewat syair…

Dan yang paling penting ,jangan beli karya Maher zain dalam bentuk bajakan.Itu artinya kita tak menghargai kerja keras beliau,membuat syair lagu itu pasti susah sekali.Ntar masbro marah lho saking keselnya sama pembajakan,seperti yang saya lihat di salah satu tv Malaysia dalam program Maher Zain Journey.

Kesempurnaan hanya milik Allah dan Rasulnya.Mohon maaf bila ada kata yang salah dan kurang berkenan bagi pembaca sekalian.Mohon dukungan kawan semua dengan cara LIKE dan SHARE.Terimakasih.

#HoldMyHandTogetherWeTurnToAllah
#WeareOneBigFamily
Wassalamualaikum wr.wb,

Leave a Reply

